Latest News

Cara Melamar Kerja Lewat Email

Mengirimkan surat lamaran lewat email sudah menjadi cara yang umum digunakan dewasa ini. Selain hemat karena tidak perlu membayar biaya perangko atau jasa titipan surat, menyampaikan surat lamaran lewat email juga praktis.

Bagaimana caranya?
Persiapkan surat lamaran dan kelengkapan berkas lamaran Anda, seperti Daftar riwayat hidup (Curriculum vitae), Pasphoto, Kartu identitas, photocopy Ijazah dan Daftar/Transkrip Nilai, Surat Referensi/Pengalaman Kerja, dan kelengkapan lain jika perlu.

Persiapkan akun email. Jika Anda belum punya, silahkan peroleh dari penyedia layanan email gratis seperti Google Mail (gmail), Yahoo Mail (yahoo, rocketmail, ymail) dsb.

Buat softcopy berkas lamaran Anda. Untuk surat lamaran kerja dan CV, anda sudah otomatis punya softcopy bila Anda mengetiknya memakai komputer. Sedangkan untuk memperoleh softcopy kelengkapan berkas lamaran lainnya, Anda dapat menscan berkas-berkas tersebut sehingga Anda memperoleh softcopy dalam salah satu bentuk file image seperti .jpg, pdf, png, tiff, dsb.


Pahami persyaratan dan ketentuan dengan jelas

Tidak jarang terjadi, mereka yang baru pertama kali menggunakan email mengirimkan surat lamaran merasa gusar karena satu atau beberapa kesulitan, misalnya: Anda butuh waktu yang lama untuk melampirkan softcopy berkas lamaran Anda, apalagi dipersulit lagi  dengan koneksi internet yang lambat.

Oleh karena itu, penting untuk memahami isi lowongan kerja dengan jelas. Bacalah kembali, berkas apa saja yang mereka minta untuk Anda lengkapi.

Mengingat proses melamar kerja lewat email sedikit ribet pada saat pertama kalinya karena Anda mungkin harus mempersiapkan segala kelengkapan berkas, maka kebanyakan perusahaan meminta Anda mengirimkan Surat lamaran dan Curriculum Vitae ditambah pasphoto diri atau menentukan batasan ukuran file maksimal dari sejumlah berkas yang mereka minta, misalnya tidak lebih dari 1 Mb. Tujuannya, agar mereka tidak menghabiskan banyak waktu mengunduh file berkas setiap lamaran yang masuk.

Namun, ada juga perusahaan yang tidak melakukan demikian. Jika ini Anda temui, maka Anda boleh mengirim berkas apa saja yang cukup mendukung surat lamaran Anda, tanpa perlu memboroskan waktu dan biaya.

Buatlah file Anda dalam ukuran yang optimal
Bila Anda menscan kelengkapan berkas lamaran seperti Ijazah, Transkrip Nilai, Referensi Kerja, dsb., maka perlu Anda perhatikan besar file setiap lembar dokumen yang dihasilkan. Satu lembar dokumen ukuran A4 dapat menghasilkan ukuran file yang bervariasi, misalnya 200 Kb sampai 2 Mb. Nah, Anda harus memperhitungkan total kilobyte yang dari keseluruhan dokumen tersebut.

Jika Anda tidak paham bagaimana cara membuatnya optimal, mintalah seseorang yang paham melakukannya. Ukuran file ini dapat diminimalkan dengan Adobe Photoshop, Microsoft Office Picture Manager. Namun tetap perhatikan bahwa file yang Anda minimalkan tersebut haruslah dapat dibaca dengan jelas, karena meminimalkan file dapat mengurangi kualitas hasil scan-an.

Jika hal di atas telah selesai, saatnya mengirimkan file.
Caranya: Masuk ke akun email Anda.
Berikut ini kami sertakan 2 contoh jika Anda menggunakan salah satu akun gmail atau yahoo.

1. Klik Tulis atau Compose

2. Anda berada pada halaman pesan baru
    Masukkan alamat email yang Anda tuju, Isikan subjek,
    Kemudian mulai melampirkan berkas file dengan mengklik icon yang ditandai
3. Pilih file yang akan Anda kirimkan. Anda dapat memilih satu persatu atau sekaligus.

4. Tunggu sampai semua file terupload
5. Jika semua file telah terupload, saatnya mengirimkan berkas Anda.
    Namun sebelumnya, pastikan bahwa alamat email tujuan Anda benar dan berkas Anda lengkap.


6. Selesai

Demikian cara mengirimkan surat lamaran kerja lewat email. Pada kesempatan berikutnya kami akan membagikan tips dan cara mengoptimalkan ukuran file berkas lamaran kerja dan membuat scanan tanda tangan pada lamaran. Semoga bermanfaat.

25 Responses to "Cara Melamar Kerja Lewat Email"

  1. bisa gak klw berkas-berkas'y di satuin pke Microsoft office
    jd di dkumen office'y sudah ada softcopyannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja. Tetapi, pengalaman kita, apabila berkas lamaran (image) dimasukkan dalam microsoft Word, maka file akan jauh lebih besar. Sementara kita justru menghindari hal itu, apalagi dalam persyaratan surat lamaran dibatasi besar dokumennya. :)

      Delete
    2. gimana cara bikin tanda tangan digital?

      Delete
    3. Terimakasih atas sarannya, di artikel berikutnya akan kita bahasa cara membuat tanda tangan digital.

      Delete
    4. Mas, kalau melampirkan soft copy skl fotocopyan yang dilegalisir datanya bisa dipercaya gk? Soalnya ijazah blm keluar (baru lulus)

      #mohon infonya

      Delete
    5. gak masalah pake fotocopyan mas.

      Delete
  2. Jadi semua datanya harus di scan terlebih dahulu lalu di lampirkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mbak Mutiara. Untuk dapat softcopy memang harus discan, kecuali surat lamaran dan CV.

      Delete
    2. klo cv or lamaran krja it gmn???

      Delete
    3. jadi surat lamaran tidak ada tanda tangan ya???

      Delete
  3. maaf gan, klo file.a udah di bkin bentuk zip bisa kan ...

    ReplyDelete
  4. tentu saja bisa gan. cara itu lebih simpel saat attachment. Tetapi kalau ada kemungkinan menggunakan berkas lamaran yang sama di masa mendatang, cukup menzip lampiran2nya saja, sedangkan surat lamaran dan CV 1 file terpisah. Jadi tidak perlu melakukan attachment ulang berkas, hanya surat lamaran dan CV yang diubah2.

    ReplyDelete
  5. gimana cara ngecilin bobot file selain pake ms.office picture??

    ReplyDelete
  6. gan kalo surat lamaran nya kan ada tanda tangan nya tuh, nah yg kaya gitu gimana tuh ngatasin nya ? apa harus di scan aja apa tetep di upload tapi gada tanda tangan nya ?

    ReplyDelete
  7. tanda tangan boleh discan trus disisipkan di dalam surat lamaran. atau surat lamaran yang sudah ditandatangani discan lalu diupload. Agan bisa memilih.

    Cara membuat tanda tangan di dalam file surat lamaran sudah dibahas di artikel lain. silahkan agan lihat sendiri.

    ReplyDelete
  8. Makasih nih gan tipsnya, kebetulan ane lagi berusaha nyari kerja.
    Salam kenal :)

    ReplyDelete
  9. woless brooo,,,

    ReplyDelete
  10. Gimana cara menscane nya pak?? (masih dalam belajar komputer)
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. yg di scan foto kopyanya atau ijazah aslinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mana saja boleh gan. kecuali perusahaan mensyaratkan salah satu.
      untuk CPNS biasanya yang asli, biar lebih afdol.

      Delete
  12. Kalo difoto berkasnya gmn? Selain di scan

    ReplyDelete
  13. Berarti ijazah, transkip nilai itu discann dan dilampirkannya masing" .. Kalau ada sertifikat" atau skck itu kira" bisa gak ?

    ReplyDelete
  14. kalo semua file diattachkan (termasuk surat lamaran) lalu apakah diemailnya dikirim kosongan apa harus ditulisi apa mas?

    ReplyDelete