Latest News

Pentingnya Mengembangkan Kemampuan Verbal

Metode yang paling umum dari berpikir adalah berpikir verbal. Kita memiliki berbagai jenis kecerdasan termasuk kecerdasan numerik, musikal, spasial, emosional, verbal dan kinestetik. Namun sebagian besar kita bergantung pada kecerdasan verbal, karena kita cenderung berpikir dan mengekspresikan diri dengan kata-kata.

Menguasai penggunaan kata-kata adalah salah satu keterampilan yang paling penting kita kembangkan karena memperoleh keterampilan lebih lanjut tergantung pada pemahaman kita tentang bahasa. Sebagian besar pembelajaran awal bagi bayi adalah dalam mengembangkan kemampuan verbal - belajar untuk berbicara, untuk memahami pembicaraan, membaca dan menulis.

Apakah bayi dibesarkan di Indonesia, Beijing, Sydney atau Moskow - pasti mereka menghabiskan ribuan jam untuk memperoleh keahlian dalam bahasa ibu. Ia akan menjadi mahir dalam rentang kemampuan bahasa yang menakjubkan, termasuk daya, kompleksitas dan seluk-beluk bahasa. Namun, setelah kompetensi tertentu diperoleh, kebanyakan orang berhenti mengembangkan keterampilan verbal.

Penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi yang kuat antara kemampuan orang berbahasa dan berbagai kosa kata terhadap kesuksesan dalam bidang profesi yang mereka pilih. Orang yang bisa mengekspresikan diri dengan jelas dianggap lebih cerdas dan status yang lebih tinggi. Mereka mendapat penghargaan yang lebih besar.

Jadi mengapa kita tidak terus meningkatkan kemampuan verbal kita? Mengapa kita berhenti melakukan apa yang biasa kita kembangkan pada tahun-tahun awal pertumbuhan kita? Masalahnya adalah bagaimana kita mengatur kemampuan verbal. Setelah kita telah menguasai membaca, menulis dan berbicara kita beralih ke hal lainnya. Jika Anda merasa hal ini juga terjadi pada diri Anda, berikut ini ada beberapa cara meningkatkan kemampuan verbal setiap waktu:

1. Membaca
Dalam dunia modern kita begitu sibuk dengan pekerjaan dan kita dibombardir dengan begitu banyak informasi oleh siaran TV, telepon dan internet, sehingga membaca buku sering terlupakan. Dewasa ini banyak buku yang diterbitkan dalam format digital yakni ebook. Tetapi kebanyakan ebook jadi tinggal file yang tersimpan dalam memori PC, notebook, atau tablet Anda. Kita sering mengoleksinya tetapi sering juga melupakannya. Atau membaca beberapa ebook, tetapi jarang tuntas dalam waktu 1 bulan.

Membaca karya-karya penulis baik itu fiksi maupun non-fiksi sangatlah berfaedah, karena ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kemampuan kita dalam berbahasa.

2. Menguasai kata-kata baru
Setiap kali kita bertemu kata-kata baru kita sebaiknya mencari artinya di kamus untuk mengetahui arti dan derivasi dari kata tersebut. Kadang-kadang karena kita tidak mengerti kata-kata baru yang kita temui dalam bacaan, kita bisa saja kehilangan pemahaman terhadap isi bacaan tersebut.

3. Menulis, menulis lagi, dan menyunting
Hampir dapat dikatakan bahwa kita tiap hari menulis, apakah itu menulis pesan teks di ponsel,  email atau menulis artikel, membuat catatan tentang aktifitas dan pekerjaan kita, dsb. Oleh karena itu kita semua dapat meningkatkan kemampuan menulis. Cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan menulis  adalah membaca apa yang telah kita tulis dan menanyakan pada diri sendiri pertanyaan berikut:
a. Apakah tulisan saya mengekspresikan apa maksud saya?
b. Apakah tulisan saya jelas dan dapat dipahami oleh pembaca?
c. Dapatkah saya membuat lebih ringkas atau lebih akurat?

4. Bermain dengan kata-kata
Anak-anak belajar bahasa dengan bermain dengan kata-kata, bereksperimen, melakukan berbagai kesalahan dan menemukan kesulitan, tetapi akhirnya kesulitan sepanjang proses belajar kemampuan verbal ini dapat diatasi secara berangsur-angsur.

Permainan kata-kata akan meningkatkan ketangkasan verbal dan tingkat intelijensi. Banyak tes IQ standar menggunakan teka-teki kata. Anagram, teka-teki silang, memecahkan kode, pencarian kata, dan teka-teki verbal lainnya adalah latihan verbal yang sangat baik.

5. Mendengarkan Diri Sendiri
Dengan cara yang sama seperti meninjau tulisan yang kita buat untuk mempertajam kemampuan menulis, maka kita harus mencoba untuk melakukan hal yang sama dengan berpidato. Jika memungkinkan cobalah membuat klip video saat Anda berbicara. Hal ini sangat berguna dalam melatih berpidato atau presentasi.

Rudyard Kipling pernah menulis begini: “kata-kata adalah obat yang paling kuat yang digunakan oleh umat manusia. Mereka bisa melukis gambar yang mengagumkan, menginspirasi dan memabukkan.” Jadi, mari terus berupaya mengembangkan kemampuan berbahasa, karena kemampuan ini bermanfaat dalam perkembangan kesejahteraan hidup kita.