Latest News

Rahasia Rambut Sehat Alami Menurut Ahli

Rambut sehat alami menurut para ahli. Mungkin anda pernah bertanya, apa rahasia rambut sehat? Apakah rambut sehat diperoleh dari ramuan eksotis warisan turun-temurun dari Indonesia? Atau salah satu produk conditioner yang hanya dijumpai di salon eklusif para selebritis?

Anda mungkin tidak terkejut bila mengetahui bahwa rahasia rambut sehat adalah pola hidup sehat dan diet yang seimbang! Para ahli setuju bahwa diet yang sehat dengan campuran yang tepat dari protein, zat besi, dan nutrisi lain dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.

Menurut dokter, rambut sehat adalah rambut yang tumbuh keluar dengan baik dari setiap folikel, tidak mudah pecah, dan berakar dalam kulit kepala yang sehat. Namun bagi awam, terutama menurut wanita yang ingin tetap merasa cantik, rambut sehat itu apabila panjang mengkilat dan lurus, karena rambut yang demikian mudah diatur dan terlihat anggun. Seorang pakar rambut bernama McMichael, seperti yang dikutip dari WebMD mengatakan bahwa makanan yang seimbang dapat menyuplai semua nutrisi yang dibutuhkan rambut agar dikategorikan sebagai rambut sehat.

Rambut Sehat Memerlukan Protein
Rambut memerlukan diet  yang seimbang dan sehat untuk memenuhi semua vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan untuk memperoleh kesehatan yang baik bagi seluruh tubuh. Tapi hal ini tidak berarti bahwa rambut membutuhkan semua nutrisi ini dalam proporsi yang sama.

Sehelai rambut terdiri dari sebagian besar protein, yang berarti rambut Anda membutuhkan lebih banyak protein untuk tumbuh. Ada orang yang keliru dengan mengkonsumsi tambahan kalsium. Padahal, menurut dokter kulit Paradi Mirmirani, untuk tumbuh baik - rambut dan kuku memerlukan lebih banyak serat protein.

Pada waktu tertentu, sekitar 90% rambut mengalami fase pertumbuhan. Bagi setiap orang, fase pertumbuhan ini berlangsung 2 sampai 3 tahun. Kemudian  rambut memasuki fase istirahat yang berlangsung sekitar 3 bulan sebelum rontok dan digantikan oleh rambut baru. Jika Anda tidak mendapatkan cukup protein dalam diet, mungkin saja terjadi jumlah rambut yang tidak proporsional memasuki fase istirahat. Artinya, rambut anda mungkin terlihat kusam dan lepek.

Pada kulit kepala normal, ada sekitar 120.000-150.000 helai rambut, dan sekitar 50 sampai 100 helai bisa gugur setiap hari. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari jumlah ini. Tetapi jika sebagian besar rambut memasuki fase istirahat pada saat yang sama, rambut rontok akan terjadi dan pemiliknya akan segera sadar, bahkan membuatnya khawatir.

Kabar baiknya adalah bahwa masalah rambut rontok yang disebabkan oleh tidak cukupnya asupan protein masih dapat dipulihkan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lebih banyak protein, apakah itu protein yang berasal dari tumbuhan, seperti kacang–kacangan, biji-bijian, dan kedelai, atau protein dari daging, maka siklus rambut normal dapat dikembalikan dan kerontokan rambut yang tidak normal akan berhenti.

Zat Besi dan Nutrisi lainnya
Protein bukan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Christine Gerbstadt, MD, RD, juru bicara American Dietetic Association, berpendapat bahwa rambut juga membutuhkan zat besi, vitamin E, dan mineral, seperti selenium, tembaga, dan magnesium untuk membantu menjaga rambut dalam kondisi baik. Kesemua ini terlibat dalam menghasilkan berbagai protein yang membentuk rambut.

Ada kesulitan dalam memperoleh zat besi dalam jumlah yang efektif terutama bagi bagi wanita dan vegetarian. Tidak mendapat zat besi yang cukup, sama halnya dengan protein akan menyebabkan rambut rontok. Sumber terbaik zat besi dalam makanan adalah daging. Kandungan zat besi yang tinggi terdapat dalam makanan seperti: kerang, tiram, dan jeroan. Akan tetapi ada saja masalah kesehatan yang berhubungan dengan jeroan. Daging tanpa lemak, seperti daging babi, daging sapi, dan ikan - adalah semua zat besi yang baik, demikian pendapat Gerbstadt dalam WebMd.

Sumber zat besi yang baik bagi vegetarian seperti: sereal, kedelai, biji labu, kacang putih, kacang merah, dan bayam. Namun zat besi dari sumber nabati lebih sedikit terserap oleh tubuh dibandingkan dari sumber hewani seperti daging.

Rambut dan Vitamin D
Gizi lain yang berpotensi penting adalah vitamin D. Mirmirani mengatakan bahwa meskipun bukt ini masih tidak jelas, beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin D mungkin memainkan peran penting dalam siklus rambut. Kita bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, tetapi para dermatologist tidak menyarankan kita banyak terpapar dengan sinar matahari. Makanan yang merupakan sumber vitamin D termasuk makanan yang diperkaya seperti susu, jus jeruk, dan sereal.

Apakah rambut butuh suplemen?
Kekurangan vitamin akan menyebabkan rambut rontok. Semua vitamin seperti vitamin B, C, E penting untuk rambut. Tetapi itu tidak berarti, bahwa Anda harus membeli suplemen khusus untuk memperoleh rambut sehat.

Sumber terbaik nutrisi yang  dibutuhkan untuk memperoleh rambut sehat adalah makanan sehat dan diet yang seimbang. Jika Anda akan ingin menggunakan suplemen, maka konsultasikan dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa multivitamin tersebut baik untuk Anda.

photo credited to: healthy-usa.com

0 Response to "Rahasia Rambut Sehat Alami Menurut Ahli"