Terbaru

Tips Menghadapi Atasan yang Tidak Adil

Tips menghadapi atasan yang tidak adil. Berhadapan dengan bos yang tidak adil tidak diragukan lagi dapat menyebabkan stres. Penelitian menunjukkan hubungan antara stres kerja dan sejumlah gangguan psikologis dan penyakit, termasuk depresi, penyakit jantung, gangguan muskuloskeletal, bunuh diri, kanker dan gangguan fungsi kekebalan tubuh. 

Pada bulan Agustus 2010, seorang karyawan bagian ekspedisi bernama Omar Thornton di AS menembak dan menewaskan sembilan dari rekan-rekan kerjanya setelah ia diminta untuk mengundurkan diri. Meskipun Thornton pernah mengajukan keluhan resmi, keluarganya melaporkan bahwa hal terakhir yang dikatakannya kepada mereka sebelum ia mengarahkan pistol ke dirinya sendiri adalah bahwa tuduhan supervisornya telah memojokkan dirinya. Apakah diskriminasi itu nyata atau hanya anggapan, namun akibatnya tak dapat disangkal, begitu tragis.

Atasan yang Tidak Adil
Atasan yang tidak adil seringkali kasar secara psikologis. Tak jarang atasa menggunakan nada bercanda untuk mengingatkan kepada bawahan bahwa ia memegang kekuasaan. Cara lain yang dilakukan atasan yang tidak adil bias berupa:
•    Mengirim e-mail yang berisi serangan pribadi
•    Mempermalukan karyawan dengan cara yang halus di depan rekan kerja
•    Berkomunikasi dengan kasar atau menggoda
•    Bertindak seolah-olah karyawan tidak ada

Jika Anda berulang kali menemukan diri Anda merasa demoralisasi setelah berinteraksi dengan atasan Anda, kemungkinan Anda sedang berhadapan dengan bos yang tidak adil.

Ketika karyawan merasa direndahkan, diserang atau diabaikan, mereka sering berusaha untuk mendapatkan kembali kontrol dengan mengeluh kepada rekan kerja lainnya, melancarkan serangan kecil. Misalnya menunjukkan kekesalan dengan menghindari berbicara dengan atasan. strategi mungkin merasa baik dalam jangka pendek, namun pada akhirnya merugikan diri sendiri.

Barangkali anda perlu mempertimbangkan strategi menghadapi atasan yang tidak adil berikut ini:
  • Kembangkan tingkat emosional yang tidak mudah terpengaruh. Anda tidak perlu merasa harga diri anda seluruhnya terletak pada pekerjaan,
  • Bereskan pekerjaan Anda tepat waktu dan buat kemajuan. Hal ini membantu anda membangun penghargaan terhadap diri sendiri tanpa perlu berharap datangnya dari orang lain.
  • Carilah dukungan, hindari gosip. Bina hubungan yang harmonis dengan mengembangkan hubungan positif dengan rekan kerja.
Menurut definisi, atasan memiliki kekuasaan atas karyawan mereka. Karyawan tergantung pada bos sehubungan dengan informasi dan akses, serta promosi. Jika kenyamanan Anda dalam pekerjaan semakin terkikis atau kebebasan sipil Anda terancam karena perlakuan tidak adil dari atasan Anda, mungkin sudah saatnya untuk mengambil langkah berikutnya. Temukan pekerjaan di perusahaan lain, atau Anda memulai bisnis sendiri.

2 Responses to "Tips Menghadapi Atasan yang Tidak Adil"